Call Us: (+62)858-1016-1718/ (+62)813-8322-1680

JURUSAN AUSBILDUNG DI JERMAN DAN SYARAT MENDAFTARNYA

Apa itu ausbildung dan apa saja jurusannya serta bagaimana mendaftarnya? Simak artikel di bawah ini.

Buat kamu yang sudah sering berselancar di internet untuk mencari informasi mengenai kuliah dan hidup di Jerman pasti sudah tidak asing lagi dengan aturan pemerintah Jerman mengenai deposit 10.000€ atau senilai 160JT. Terlihat besar memang nominalnya, akan tetapi sebenarnya uang deposit tersebut diperuntukkan untuk membiayai hidup kamu di Jerman selama kamu berkuliah disana. Dengan kata lain uang tersebut akan kembali sepenuhnya ke kamu. Meskipun begitu, pastinya deposit dengan nominal tersebut dirasa berat oleh beberapa kalangan. Untuk kamu yang mau mencoba berkarir di Jerman tanpa mengeluarkan deposit 10.000€, kamu bisa mencoba program ini.

Bidang Ausbildung di Jerman

Definisi Ausbildung?

Ausbildung adalah sebuah program pelatihan keterampilan sekolah sambil bekerja. Lamanya kamu menempuh program ini, tergantung dari bidang apa yang kamu tekuni, namun rata-rata Ausbildung ditempuh selama 3 tahun. Dikarenakan kamu akan menempuh pendidikan, maka nantinya setelah lulus program kamu akan mendapatkan sertifikat dan juga gelar yang biasanya disebut dengan FACHKRAFT atau tenaga ahli. Sehingga apabila disejajarkan, Ausbildung ini setara dengan D3 di Indonesia hanya bedanya gelar dan pengalaman orang yang mengikuti program ini diakui di seluruh negara. Dalam menempuh pendidikan Ausbildung kamu akan sekolah di Berufschule atau sekolah profesi. Biasanya kebanyakan perusahaan di Jerman yang membuka program ini, telah bekerja sama pula dengan Berufschule yang jaraknya masih terbilang berdekatan. Namun, adapula yang mengharuskan kamu mencari Berufschule secara mandiri. Hal ini kembali lagi dengan aturan perusahaan masing-masing.

Dari program ini kita dapat menimba ilmu, mendapatkan sertifikat dan juga gelar, lalu adakah biaya pendidikan yang perlu dikeluarkan ?

Tidak sama sekali, sebaliknya kamu akan dibayar nantinya oleh perusahaan tempat kamu bekerja karena di Jerman bekerja atau praktek itu dibayar bahkan hitungannya bisa per jam. Hal tersebut dikarenakan orang Jerman sangat menghargai tenaga dan waktu para pekerjanya. Akan tetapi bayaran yang kamu peroleh, masih terhitung gaji orang magang dengan kisarannya sekitar 600-1200€. Hal ini tergantung bidang, wilayah dan tempat kamu bekerja. Setelah dinyatakan lulus dan mendapatkan gelar barulah kamu akan diakui sebagai tenaga profesional dan dibayar hingga 2 kali lipat dari gaji kamu ketika sedang menjadi Azubi (sebutan untuk orang yang sedang mengikuti program Ausbildung) .

Jenis-Jenis Ausbildung :

  1. Duale Ausbildung

Duale atau berufliche Ausbildung, adalah jenis Ausbildung di mana praktek kerja lebih diutamakan daripada kegiatan belajar mengajar di sekolah. Dengan simulasi, misalkan dalam seminggu kamu belajar 1-2 hari, sisanya 3-4 hari kamu akan bekerja. Keuntungan mendaftar jenis program ini adalah para Azubi akan dibayar oleh perusahaan tempat mereka praktek/magang setiap bulannya.

Lihat juga artikel mengenai Duales Studium disini.

Pekerjaan yang ditawarkan untuk program ini banyak sekali, ada lebih dari 350 jenis pekerjaan, diantaranya: perhotelan, restoran, bartender, teknik, masinis, perbankan, marketing, design grafik, perhutanan, arsitektur, teknik industri dan mesin, perkebunan dan banyak lagi. Untuk melihat sendiri jenis pekerjaan apa yang bisa kalian pilih, silahkan buka website dinas ketenagakerjaan di Jerman jobbörse (dalam bahasa Jerman).

Namun luasnya program yang ada, akan menjadi kecil kesempatannya apabila kamu mendaftar dari Indonesia dikarenakan persyaratan dan kesempatan yang diperoleh untuk pendatang lebih kecil dibandingkan yang sudah menetap di Jerman.

2. Schulische Ausbildung

Kebalikannya, Schulische Ausbildung lebih memberikan konsep teori dibanding praktek kerja, seperti misalnya dalam satu minggu, hanya diberikan waktu bekerja satu hari saja dan sisanya sekolah. Jenis program ini kebanyakan tidak mendapat gaji. Mereka malah harus membayar uang sekolah. Namun ada pengecualian bagi yang bekerja sebagai perawat, asisten dokter, ahli terapi dan perawat di panti jompo yang juga digaji seperti program duale Ausbildung. (sumber: make it in Germany).

Berbeda dengan jenis duale yang dibayar dan tidak diwajibkan memberikan Deposit, jenis schulische ini diwajibkan menyetorkan Deposit ke rekening bank Jerman sebesar 10.000€.

Apa syarat untuk mengikuti program Ausbildung?

  • Kemampuan bahasa Jerman yang fasih dari minimal B1 hingga C1
  • Tidak ada batasan maksimal umur, bahkan di Jerman sendiri ada seseorang yang baru memulai program ini di umur 50 tahun
  • Mempunyai Pengalaman Kerja Dibidang Sosial (jika ada)

Selain itu, adapun dokumen-dokumen yang perlu kamu penuhi seperti :

  • Mempunyai Pengalaman Kerja Dibidang Sosial (jika ada)
  • Daftar riwayat hidup (Lebenslauf)
  • Surat motivasi (Motivationsletter)
  • Paspor
  • Dokumen dari perusahaan apabila sudah diterima berupa kontrak dan formulir


Leave a Reply

Close Menu