Call Us: (+62)858-1016-1718/ (+62)813-8322-1680

DUALES STUDIUM sama dengan BACHELOR?

Apakah kamu tahu bedanya Duales Studium dengan Ausbildung? Jika belum, yuk dibaca dulu artikelnya karena artikel ini akan berhubungan dengan program tersebut. Baca disini.

Apa itu Duales Studium ?

Duales Studium merupakan program yang menerapkan konsep belajar dan bekerja. Konsepnya sama seperti Ausbildung, meskipun termasuk program untuk menempuh pendidikan, Duales Studium juga tidak dipungut biaya. Sebaliknya kamu akan diberikan upah untuk waktu kamu yang digunakan untuk bekerja. Sedangkan untuk belajarnya, kamu akan menempuh pendidikan di Universitas atau Fachhochschule. Oleh karena itu, ijazah yang diberikan nantinya merupakan keluaran Universitas, gelarnya pun semacam B.A (Bachelor of Arts), Bachelor of Science, Bachelor of Engineering, dsb. Itu kalau S1, kalau master atau S2, ya M.A, M.B.A, dsb.

Lalu, apa bedanya Ausbildung dengan Duales Studium ?

Perbedaannya terletak pada tempat menempuh pendidikan, gelar dan posisi saat bekerja setelah lulus.

  • Pendidikan : Jika Ausbildung kita akan menempuh pendidikan di sekolah khusus Ausbildung dan biasanya pihak perusahaan kita sudah bekerja sama dengan Berufshule-nya. Sedangkan Duales Studium pendidikannya akan ditempuh di Universitas atau Fachhochschule.
  • Gelar : Kalau Ausbildung, setelah lulus akan diberi gelar FACHKRAFT (tenaga ahli). Sedangkan kalau dari Duales Studium, karena ijazahnya keluaran Universitas, gelarnya pun sama dengan orang yang lulus dari universitas yaitu Bachelor untuk S1 atau Master untuk S2.
  • Posisi : Posisi yang didapatkan setelah selesai menempuh pendidikan baik di sekolah ataupun di tempat kerja, orang yang mengambil program Duales Studium akan mendapatkan posisi yang lebih bagus dibandingkan dengan Ausbildung menimbang mereka sama dengan lulusan S1. Namun terkadang di beberapa bidang seperti bidang kesehatan tidak terlalu jauh bedanya dan begitu pula dengan gajinya. Akan tetapi jika masih sedang menempuh pendidikan, baik Ausbildung maupun Duales Studium posisinya jadi tidak jauh berbeda bahkan terkadang setara.

Siapa saja yang bisa mendaftar Duales Studium ?

Siapa saja bisa, bahkan terbuka juga untuk teman-teman yang berkebutuhan khusus, asalkan pendidikan terakhirnya adalah SMA. Namun dikarenakan prosesnya sama seperti anak-anak yang ingin menempuh jalur pendidikan S1, maka kamu harus mengikuti Studien Kolleg terlebih dahulu. Dilemanya apabila pendidikan terakhir kamu adalah SMK, karena lulusan SMK tidak bisa disejajarkan dengan sistem pendidikan yang ada di Jerman sehingga apabila kamu ingin mendaftar Duales Studium, kamu tidak bisa mendaftar secara langsung. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk mengikuti Aubildung terlebih dahulu, kemudian baru melamar Duales Studium.

Bagaimana dengan lulusan D3 ?

Program D3 sendiri juga sebenarnya sulit mencari penyetaraannya pada sistem pendidikan di Jerman, sehingga apabila kamu ingin menempuh Duales Studium untuk Master maka kamu disarankan untuk menempuh pendidikan di Indonesia terlebih dahulu agar dapat setara dengan S1, kemudian kamu baru dapat mendaftar secara langsung dan tidak perlu menempuh Studkol terlebih dahulu. Beda cerita, apabila kamu ingin mendaftar Duales Studium untuk gelar Bachelor yang agaknya lebih membuang-buang waktu. Kenapa ? karena kamu akan menempuh dari ulang seperti kamu ingin masuk S1 dan perlu Studien Kolleg juga. Hal ini terjadi karena kebanyakan D3 akan disetarakan seperti SMA. Hal ini tergantung oleh petugas annerkennungnya apakah mau mengakui D3 atau SMK atau tidak. Jika tidak, maka penjelasannya akan sama seperti di atas.

Duales Studium

Bagaimana cara mendaftar Duales Studium ? Apakah bisa mendaftar dari Indonesia ?

Bisa saja kalau kamu diterima, tapi kemungkinannya sangat kecil. Kenapa ? karena kompetensi yang dibutuhkan sangat tinggi yaitu kemampuan bahasa tingkat C1 dan kemampuan C1 yang kamu sudah kuasai di Indonesia akan berbeda jika kamu sudah di Jerman, terlebih sudah tinggal satu tahun atau mempunyai pengalaman sebelumnya. Hal itu akan menjadi nilai tambah yang membuat kesempatan kamu diterima juga menjadi lebih besar dan disaat itu pun kemampuan bahasa Jerman kamu tidak hanya sebatas kemampuan sertifikat atau teori tetapi memang benar-benar sudah fasih.

Jadi disarankan apabila ingin mengambil Duales Studium maka begini caranya :

Cara Pertama : Ambil kursus di Jerman hingga C1. Untuk cara ini maka kamu perlu mempertimbangkan finansial yang kuat.

Cara Kedua : Menjalani program lainnya sebelum mendaftar yang dapat menunjang kemampuan bahasa kamu seperti Aupair, FSJ/BFD atau Ausbildung. Sehingga kamu pun tidak perlu mengeluarkan banyak biaya.

Kapan kita bisa mendaftar?

Untuk mendaftarnya, kamu harus mencari tahu perusahaan yang membuka program Duales Studium. Setelah melamar dan diterima maka langkah selanjutnya kamu melamar ke Universitas yang kamu pilih atau yang telah bekerja sama dengan perusahaan tersebut tentunya dengan syarat kamu sudah memiliki kontrak dengan perusahaan terkait. Dan untuk waktu pendaftarannya sama seperti di kebanyakan Universitas, pembelajaran pada semester musim dingin dimulai pada 1 Oktober tdan musim panas pada 1 April.

Jadi, syaratnya apa saja untuk mendaftar Duales Studium ?

  • Kemampuan bahasa Jerman yang fasih hingga C1
  • Tidak ada batasan maksimal umur, namun harus diperhatikan lagi syarat tiap-tiap perusahaannya.
  • Dokumen dari perusahaan apabila sudah diterima berupa kontrak dan formulir
  • Dokumen-dokumen pendukung seperti Paspor, Motivation Letter, CV/ Lebenslauf dsb

Setiap perusahaan tentunya memiliki kualifikasinya masing-masing, poin yang disebutkan diatas merupakan poin umumnya. Jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut tentunya kamu harus aktif mencari informasi dan menanyakannya ke perusahaan terkait.

This Post Has 2 Comments

  1. Malam kak…
    Kak gimana caranya kalau misalkan kita ikut program Aupair, setelah selesai, apakah kita bisa, bebas visa untuk lanjut kuliah? Kalau bisa bagaimana caranya..
    Mohon infonya.
    Terimakasih

    1. Hallo Selamat Malam, untuk melanjutkan kuliah dapat apply visa studi di kedutaan Jerman yang akan berlaku selama kamu studi. Untuk respon yang cepat dapat menghubungi kontak whatsapp kami di +6285810161718.

Leave a Reply

Close Menu