Call Us: (+62)858-10-16718/ (+62)853-161718-10

PERTUKARAN BUDAYA MELALUI PROGRAM AUPAIR

Aupair adalah program pertukaran budaya. Nah, bagi kamu petualang sejati yang senang menghadapi tantangan dan ingin ke luar negeri pasti sudah tidak asing lagi dengan program ini. Yup, program ini dianggap sebagai cara termudah untuk kita dapat ke luar negeri tanpa biaya. Selain itu, Program ini juga dianggap sebagai batu loncatan ataupun gerbang untuk kita dapat berkarir di suatu negara atau bahkan melanjutkan pendidikan di luar negeri, seperti misalnya untuk studi ataupun bekerja. Untuk lebih jelasnya, yuk simak pembahasannya di bawah ini :

WHAT IS AUPAIR?

Sebuah program pertukaran budaya yang memberikan kesempatan kepada muda-mudi dari seluruh negara untuk dapat tinggal sementara dalam kurun waktu tertentu dan belajar kebudayaan dari negara tujuan mereka serta dapat meningkatkan kemampuan bahasa asing. Aupair sendiri merupakan sebuah kata yang berasal dari bahasa Perancis yang memiliki arti “sama dengan”. Makna dari kata “sama dengan” adalah seorang Aupair dan keluarga angkat memiliki kedudukan yang sama atau dengan kata lain Aupair akan dianggap dan diperlakukan sama seperti anggota keluarga lainnya. Disini mereka akan tinggal bersama dengan keluarga angkat dalam satu rumah atau bisa juga tinggal di tempat terpisah seperti apartemen asalkan tempat tersebut milik keluarga angkat. Mereka tinggal tanpa harus membayar sejumlah uang karena keluarga angkat diharuskan untuk memberikan akomodasi, makanan sehari-hari dan tentu saja uang saku. Durasi tinggal dalam menjalani program ini akan disepakati sebelumnya oleh kedua belah pihak, biasanya 6-12 bulan.

WHO IS AUPAIR?

                Mereka yang berusia 18-26 tahun (tergantung kebijakan negara tujuan) baik laki-laki atau perempuan yang belum menikah dan belum mempunyai anak. Tujuan utama diadakannya program ini adalah untuk belajar kebudayaan dan bahasa dari negara tempat mereka tinggal, namun mereka juga memiliki tanggung jawab lain sebagai timbal baliknya yaitu menolong orang tua angkat untuk menjaga dan mengasuh anak mereka serta mengerjakan pekerjaan rumah tangga ringan.

Perlu ditekankan bahwa Aupair bukan lah Nanny. Meskipun pekerjaan yang dilakukan hampir sama dengan pekerjaan seorang Nanny, tetapi keduanya berbeda. Lain halnya dengan Nanny, seorang Aupair memiliki kedudukan yang sama dalam suatu keluarga. Nanny merupakan pekerja profesional yang dibayar seperti pekerjaan lainnya. Mereka juga bekerja secara penuh waktu, sedangkan Aupair hanya diperbolehkan bekerja 20-30 jam per minggu (tergantung regulasi negara masing-masing).

WHAT IS THE DUTIES OF AUPAIR?

                Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, mereka memiliki tanggung jawab untuk menjaga dan mengasuh anak dari orang tua angkat mereka atau yang bisa disebut sebagai “adik asuh/angkat” (karena mereka akan berperan seperti seorang kakak). Namun, tidak hanya menjaga dan mengasuh belaka, mereka juga harus ikut aktif bersama adik asuh seperti mengajak mereka bermain, melakukan hal-hal yang kreatif, membuat mereka merasa senang dan nyaman, serta banyak hal lainnya. Selain itu, mereka juga menolong orang tua angkat dalam mengerjakan pekerjaan rumah tangga ringan seperti membantu membereskan kamar adik asuh, menyiapkan keperluan sekolah mereka, membuatkan adik asuh sarapan; bekal makan siang; camilan, merapikan  meja makan, dan mencuci peralatan makan. Perannya sendiri, sama seperti kita di rumah dengan peran sebagai kakak.

BENEFITS OF JOIN AUPAIR PROGRAM

                Program ini akan membuat seseorang menjadi sosok yang mandiri karena seorang Aupair akan tinggal jauh dari keluarga dan hidup bersama dengan orang asing yang sama sekali belum dikenal. Secara otomatis kemandirian tersebut akan tumbuh karena tuntutan untuk melakukan segalanya seorang diri. Hal lainnya yakni, membuka wawasan dan pemikiran karena mereka akan berada di sebuah negara baru yang memiliki kebudayaan serta kehidupan yang sangat berbeda dari negara asal mereka. Selanjutnya, dengan mengikuti program ini, berarti seseorang sudah berjalan satu langkah lebih maju dan berani bertindak untuk keluar dari zona nyamannya. Semua hal tersebut adalah pengalaman berharga yang tidak semua orang bisa mendapatkannya dan melakukannya.

REQUIREMENTS TO BE AN AUPAIR

Aupair Program Pertukaran Budaya yang Tinggal di sebuah Keluarga Asing untuk Belajar
Aupair Program Pertukaran Budaya

                Kalian dapat mengikuti program ini, jika kalian memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Berusia 17-26 tahun untuk di negara Jerman
  2. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris dan bahasa negara tujuan yang sangat baik.
  3. Belum menikah dan tidak memiliki seorang anak
  4. Menyukai dan senang berinteraksi dengan anak-anak
  5. Sehat jasmani dan rohani (tidak memiliki penyakit kronis)
  6. Tidak memiliki catatan criminal
  7. Mau menghabiskan waktu selama satu tahun atau lebih di luar negeri

HOW TO APPLY?

Program ini sangat memungkinkan sekali apabila ingin mendaftarkan diri secara mandiri. Banyak sekali yang menggunakan website dimana website tersebut mempertemukan host family dengan calon Aupair. Salah satu websitenya bisa dicek disini.

This Post Has 25 Comments

  1. Waw

  2. Saya mau menjadi aupair bagaimana

    1. untuk menjadi seorang Aupair harus menguasai bahasa Jerman terlebih dahulu. Silahkan mendaftar ke kursus bahasa Jerman kami agar mendapatkan bimbingan Aupair secara gratis.

  3. Saya seorang laki2 mau menjadi aupair bagaimana caranya untuk mencari ibu asuh yg membutuhkan pengasuh?

    1. Hallo Alvito, memang untuk laki-laki agak sulit untuk mendapatkan host family karena mereka lebih menyukai Aupair perempuan. Namun sulit itu bukan berarti tidak bisa. Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan bimbingan pencarian host family.

  4. I want be aupair, but i don’t understand germany language.

    1. To be an Aupair in Germany, it’s a must to speak german with a minimum A1 Niveau.

  5. How to apply this program?

    1. for better service, please send us your question to our whatsapp number +6285810161718. We can help you to apply the program for free.

  6. Selamat pagi

    Berapa biaya untuk mengikuti program AuPair? Dan apakah kita akan dicarikan keluarga untuk tinggal di sana?

    1. Selamat Pagi Theresia, program Aupair tidak dikenakan biaya sama sekali. Namun diharuskan memiliki kemampuan bahasa Jerman yang baik. Silahkan kontak kami untuk bimbingan lebih lanjut 🙂

  7. Saya tertarik, untuk bisa join bagaimana ya?

    1. Silahkan daftar melalui online atau datang langsung ke tempat kursus kami. Berikut kontak whatsapp yang dapat dihubungi 085810161718. Kami siap membimbing segala perencanaanmu untuk dapat ke Jerman.

  8. Yes I want

    1. Reach your dream with us. Please don’t hesitate to contact us 🙂

    1. Get your dream with us. Here’s our whatsapp number 085810161718, don’t hesitate to contact us.

  9. I want to try to learn German, but it’s not too smooth, and I’ll try, but I’m good at English

    1. Yes, you have to try and don’t give up on your dreams. Please kindly contact us if you have any question. we are ready to help you 🙂

    1. Yes, you should learn german if you want to be an Aupair. We know, you can make it 🙂

  10. Untuk mengikuti program aupair tidak dikenakan biaya?

    1. Program yang ada di Jerman tidak dikenakan biaya. Namun segala persiapan untuk menjadi Aupair memerlukan biaya, seperti biaya kursus, visa dll. Setelah menjadi Aupair, nantinya setiap bulan akan mendapatkan uang saku dan akomodasi selama tinggal di Jerman.

  11. Aupair apakah hanya bisa di german saja?

    1. Hallo, bisa dimana saja. Namun di Jerman, pemerintahnya memiliki program lanjutan.

Leave a Reply

Close Menu
WhatsApp chat