Call Us: (+62)858-1016-1718/ (+62)813-8322-1680

SEPUTAR FSJ & BFD ? SUKARELAWAN YANG DIBAYAR

Pemerintah Jerman memiliki banyak sekali program, baik untuk warganya sendiri ataupun untuk pendatang yang ingin mencoba peruntungannya di Jerman. Salah satunya adalah Freiwilliges Soziales Jahr atau disingkat dengan FSJ dan Bundesfreiwilligendienst yang disingkat dengan BFD. Inti dari program tersebut adalah suatu program sukarelawan yang didanai penuh oleh pemerintah Jerman. Walaupun dinamakan sukarelawan, para volunteer akan diberikan uang saku dan beberapa fasilitas pendukung lainnya. Sebenarnya bidang untuk volunteer di Jerman itu ada banyak, seperti bidang pendidikan, kebudayaan, lingkungan, sosial dan lain-lain. Akan tetapi, bidang yang paling dibutuhkan dan lebih terbuka untuk warga non Jerman adalah di bidang sosial.

FSJ sendiri merupakan program yang cukup banyak diminati karena hal-hal berikut :

  • Program untuk anak-anak yang baru saja lulus Abitur (jenjang sekolah pendidikan di Jerman) dan masih bingung ingin melanjutkan jenjang pendidikan selanjutnya, sehingga volunteer dianggap efektif untuk memberikan gambaran kepada mereka.
  • Menambah pengalaman baru baik untuk warga Jerman itu sendiri ataupun warga non Jerman.
  • Bagi warga non-Jerman, FSJ dirasa bagus untuk mereka mendapatkan gambaran bagaimana hidup di Jerman atau istilahnya tes ombak sebelum memutuskan untuk menetap dan berkarir di Jerman.
  • Bagi para AuPair, FSJ merupakan jalan untuk mereka dapat memperpanjang visa dan masih memerlukan waktu untuk mendapat gambaran kehidupan di Jerman. Tidak hanya itu FSJ dianggap lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Jerman.

Lalu, Apa sih perbedaan FSJ dan BFD ?

Bedanya hanya di umur saja. Jika FSJ memiliki persyaratan mendaftar umur 16-27, BFD dari umur 27 dan tanpa batas maksimal umur. Untuk FSJ sendiri batas minimal umurnya dibedakan menjadi 2, yaitu 16 tahun untuk warga Jerman dan 18 tahun untuk warga non Jerman.

Fasilitas apa saja yang didapat jika menjadi sukarelawan di Jerman ?

  • Uang Saku

Besarannya tergantung wilayah bagian Jerman dan tiap-tiap pemberi kerja atau yang disebut dengan Träger. Kisarannya sekitar 300-650€.

  • Mendapatkan Asrama untuk Tinggal

Kalau yang ini tentative, terkadang ada tempat kerja yang sudah sekaligus menyediakan tempat tinggal, adapula yang tidak. Walaupun begitu kamu yang tidak mendapatkan tempat tinggal biasanya akan diberikan uang tambahan tiap bulannya. Fasilitas ini pun lebih banyak dapat kalian temukan ketika kalian ingin menjalani sukarelawan bagian social.

  • Mendapatkan 26 hari cuti dalam 1 tahun

Selain mendapatkan libur akhir pecan, kamu akan mendapatkan jatah cuti sebanyak 26 hari yang bisa kamu ambil dalam waktu setahun atau kamu bisa ambil sekaligus di akhir tahun. Dengan kata lain akan ada satu bulan kamu dibayar tanpa bekerja

  • Mendapatkan kartu FSJ/ BFD

Jika kamu mendapat kartu ini, akan ada banyak benefit yang akan kamu dapatkan.  Muai dari akses masuk Museum, potongan biaya bulanan transportasi hingga potongan untuk tiket perjalanan ke beberapa negara di Eropa.

  • Mendapatkan Seminar

FSJ akan dibekali sebanyak 25 seminar yang harus dihadiri dalam setahun, sedangkan BFD sebanyak 12 kali dalam setahun. Seminar ini sangat berguna untuk bounding antara rekan kerja lainnya dan tentunya akan menambahkan nilai tambah karena akan ada informasi dan pengalaman baru yang akan kamu dapatkan.

  • Mendapatkan Sertifikat

Sertifikat ini berguna sebagai salah satu poin plus yang dapat kamu tambahkan di daftar riwayat hidup kamu, yang tentunya akan menjadi pertimbangan tambahan bagi pemberi kerja selanjutnya, misalnya ketika kamu mau melanjutkan Ausbildung.

  • Berpeluang kerja di Jerman

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pengalaman kamu selama volunteer ini akan memberikan nilai tambah pada diri kamu yang akan membuka gerbang kamu untuk lebih mudah berkarir di Jerman.

  • Mendapatkan Asuransi Kesehatan selama 1 tahun

Pemerintah Jerman sangat concern dengan perlindungan kesehatan penduduknya termasuk bagi pendatang, sehingga asuransi merupakan hal yang diwajibkan. Jadi, selama kamu tinggal di Jerman untuk menjadi volunteer kamu tidak perlu khawatir karena kamu pasti akan didaftarkan dan dibiayai asuransi kesehatannya.

Selain fasilitas diatas, tentunya ada banyak manfaat lainnya yang akan kamu dapatkan dengan menjadi FSJ/ BFD seperti memperluas relasi dari beberapa latar belakang yang berbeda hingga mengasah kemampuan interpersonal kamu menjadi lebih terbuka, lebih mandiri dan sebagainya.

Apa saja syarat atau dokumen yang diperlukan untuk melamar ?

Syarat Utama

  1. Usia 18-27 tahun untuk FSJ, lebih dari 27 tahun untuk BFD
  2. Memiliki Sertifikat B1 Dari Goethe Institut
  3. Mempunyai Pengalaman Kerja Dibidang Sosial (jika ada)
  4. Daftar riwayat hidup (Lebenslauf)
  5. Surat motivasi (Motivationsletter)
  6. Paspor

Syarat Tambahan (apabila diminta)

  1. Pas Foto
  2. Surat Keterangan Magang dari Lembaga Sosial
  3. Foto-foto Dokumentasi Saat Pelaksanaan Magang
  4. SIM Internasional
  5. Ijazah Terakhir yang Sudah Diterjemahkan ke B.Jerman
  6. Formulir dari Träger Jerman

Lalu, bagaimana sih langkah-langkah untuk mendaftar ke program FSJ/ BFD ?

  • Mendapatkan Sertifikat Bahasa Minimal B1. Sertifikat bahasa yang diakui oleh Kedutaan Jerman (Goethe-Institut)
  • Pengiriman berkas ke Träger website. Biasanya Träger membuka pendaftaran 2 periode dalam satu tahun, tiap periode pembukaan selama 4 bulan.
PENDAFTARAN KEBERANGKATAN
November–Februari Agustus/September
April-Juli Januari/Februari

Saat masa pendaftaran dari Träger dibuka usahakan kamu kirim aplikasi ke Träger sebanyak-banyaknya. Disaat kamu sudah mendaftar dan melakukan interview di salah satu Träger tetapi ditolak, disarankan untuk secepatnya mencari Träger lain, selama 4 bulan adalah waktumu mencari Träger yang bersedia menerima.

  • Setelah kamu mengirimkan berkas ke beberapa Träger kamu akan mendapatkan balasan untuk undangan interview by skype. Kemudian, akan dicari waktu yang tepat untuk kedua belah pihak melakukan interview.
  • Setelah itu, Träger akan mengirimkan data Einsatzstelle atau tempat kamu akan bekerja nantinya lengkap dengan bidang dan juga kotanya. Kemudian kamu harus memberikan jawabannya apakah kamu bersedia ditempatkan di tempat tersbut atau tidak. Apabila tidak, kamu harus memberikan alasan yang jelas agar Träger akan mencarikan tempat lainnya yang sesuai dengan keinginan kamu.
  • Setelah menetapkan pilihan maka pihak Träger akan mengirim kontrak (Vertrag) ke kalian via email. Setelah itu, mereka akan mengirimkan dokumen aslinya melalui Deutsch post atau DHL. Perlu kamu ketahui, jika pengiriman menggunakan Deutsch Post, itu membutuhkan waktu hampir 2 minggu, sementara DHL selama 1 minggu. Kontrak yang dikirimkan pihak Träger harus kamu pegang terlebih dahulu, sebelum kamu mengajukan visa.
  • Pengajuan  VISA. Visa yang akan kamu dapatkan adalah Visa khusus FSJ. Berbeda dengan Aupair, pengurusan Visa FSJ sedikit lebih mudah karena tidak ada Interview dengan pihak Kedutaan. Hanya pengecekan berkas-berkas, oleh karena itu jangan sampai satupun berkas-berkas kamu ada yang tertinggal dan terlupakan.
  • Jika visa sudah ada di tangan, selanjutnya adalah booking tiket pesawat. Biasanya sebulan sebelum keberangkatan, kalian akan dikabari oleh pihak Träger mengenai berkumpul di bandara mana dan pukul berapa. Misalnya pihak Träger kalian menginfokan untuk berkumpul di Bandara Stuttgart pada pukul 15.00 waktu Jerman dan akan dijemput pada waktu tersebut. Maka kalian harus memesan tiket pesawat untuk penerbangan ke Stuttgart dan harus sudah tiba sebelum waktu yang dijanjikan.

Leave a Reply

Close Menu